Ari Diana Susanti

Ari Diana Susanti

Outline Materi Kuliah Teknik Kimia

Ari Diana Susanti RSS Feed
 
 
 
 

MS WORD 1- pengenalan MS WORD 2007

A. PENDAHULUAN

Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.

Microsoft Word 2007, selanjutnya disebut Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan diberbagai bagian sehingga menyediakan fleksibilitas yang lebih tinggi dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program Word 2007 dan fasilitas lainnya akan di bahas lebih lanjut.

B. MEMULAI MS WORD 2007

Word 2007 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Word 2007 sebagai berikut ;

1.     Aktifkan Komputer

2.     Klik tombol Start yang ada pada taskbar

3.     Muncul sejumlah menu, pilih All Programs

4.     Klik Microsoft Office

5.     Klik Microsoft Word 2007

6.     Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word 2007 yang masih kosong. (Lihat gambar 2)

7.     Microsoft Word 2007 siap untuk digunakan.

8.     Klik Microsoft Office

C. MENU BAR

Menu Bar, berisi daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Home memiliki sub menu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.

Dalam setiap sub menu terdapat berbagai icon. Untuk mengetahui nama dari icon-icon tersebut dapat dilakukan dengan mengarahkan pointer mouse pada icon yang dituju, tunggu sesaat sehingga tampil nama dari icon tersebut. Misalnya kita arahkan pointer mouse pada icon yang bergambar huruf “B” dalam sub menu Font, maka akan keluar informasi nama dari icon tersebut yaitu Bold (Ctrl+B). Ini berarti icon tersebut berfungsi untuk menebalkan huruf, sedang (Ctrl+B) menunjukkan cara lain untuk operasi menebalkan huruf tanpa klik dari mouse.

Word 2007 secara standar terdiri dari  menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, dan Add-Ins.

D. MENGAKHIRI WORD 2007

Langkah yang digunakan untuk mengakhiri word 2007 adalah:

1.     Simpan lembar kerja dengan mengklik office button (di pojok kiri atas), pilih menu Save (untuk file lama) atau Save As (untuk file baru). Word 2007 otomatis akan menyimpan file dalam versi 2007 tetapi memberikan pilihan penyimpanan lembar kerja ke dalam versi dibawahnya (word 97 – 2003) untuk memudahkan membuka file di versi word yang lain.

2.     Pilih salah satu langkah untuk mengakhiri penggunaan Word 2007 berikut ini ;

a.     Pilih dan klik Office Button à Close, atau

b.    Klik tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas jendela Word, atau

c.     Pilih dan klik Office Button à Exit word

3.     Tunggu sampai jendela Word 2007 ditutup.

E. MEMBUAT DOKUMEN BARU

Sewaktu mengaktifkan program Word 2007 otomatis dibuka lembar kerja baru dengan nama document1. Untuk mengubah nama ini dapat dilakukan pada saat penyimpanan lembar kerja.

Bila ingin membuka lembar kerja baru disaat Word 2007 telah aktif untuk mengerjakan dokumen lain dilakukan dengan klik Office Button à New. Bila yang ingin dibuka adalah file yang telah tersedia dalam penyimpanan maka klik Office Button à Folder, kemudian cari dimana file yang diinginkan.

Leave a Reply

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image