Pengenalan Komputer

Komputer adalah sistem elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menyimpan program dan hasil pengolahan,  menggunakan program yang tersimpan dalam memori, dan dapat bekerja secara otomatis.

Perangkat komputer secara umum dibedakan menjadi dua (2), yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

A. HARDWARE (PERANGKAT KERAS)

Meliputi central processing unit (CPU), memori, dan input/output (I/O)

1. Central Processing Unit (CPU)

Merupakan bagian utama komputer. Berfungsi mengatur aktivitas komputer. Kecepatan processor dinyatakan dalam Hertz (Hz). Saat ini kecepatan komputer telah mencapai Giga Hertz (GHz).

2. Memori

Berfungsi menyimpan data dan program. Memori dibedakan berdasar fungsi dan kecepatannya, yaitu:

a.     Register memori

Merupakan alat penyimpan dengan kecepatan akses tinggi. Berguna untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang berlangsung / diproses.

b.    Cache memori

Merupakan memori dengan kapasitas terbatas tetapi mempunyai kecepatan tinggi. Berfungsi sebagai alat pemroses untuk meningkatkan kinerja komputer dengan mengalihkan proses dari memori utama.

c.     Memori utama

Berguna untuk menyimpan data dan program. Terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja. Terdapat pada BIOS yang berfungsi untuk men-set alat/tools  pada sistem
  • Random Acces Memory (RAM), yaitu memori tempat menyimpan data atau program, dan dapat dilakukan perubahan terhadap data atau program tersebut.

d.    Memori sekunder

Merupakan memori tambahan untuk menyimpan data atau program. Contohnya floppy disk (disket), eksternal hardisk, stick disk (flash disk), compact disk (CD), dan lain-lain.

3. Input / Output (I/O)

Berfungsi untuk menerima data atau menampilkan data setelah diolah di processor.  Contoh I/O adalah monitor, printer, scanner, microphone, speaker, dan lain-lain. Tempat pemasangan konektor/penghubung peralatan I/O disebut dengan port I/O. Jenis-jenis port I/o adalah:

–       Port parallel : LPT1 atau LPT2

–       Port serial: COM 1 atau COM 2

–       Port AT/PS2

–       Port USB

–       Port VGA

–       Port Audio

–       dan lain-lain

B. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

Secara umum perangkat lunak dibedakan menjadi dua (2), yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

  1. Perangkat lunak sistem

a.     Bahasa pemrograman, berguna untuk mengkonversi algoritma yang dirancang oleh manusia / pengguna ke dalam format / bentuk yang dapat dijalankan oleh komputer. Contoh bahasa pemgograman: FORTRAN, C++, PASCAL, TURBO PASCAL, QBASIC, VISUAL BASIC, DELPHI, MATLAB

b.    Sistem operasi (operating system), berguna untuk mengatur seluruh proses yang berjalan di komputer. Beberapa operating system yang dapat ditemui dewasa ini adalah DOS, WINDOWS, LINUX

c.     Utility, merupakan sistem operasi untuk fungsi tertentu, semisal untuk pemeriksaan hardware, pemeriksaan disk, dan lain-lain. Contoh utility adalah NORTON UTILITY

  1. Perangkat lunak aplikasi

a.     Aplikasi office, merupakan aplikasi perkantoran seperti pemroses kata, pemroses tabel, pemroses data, dan lain-lain. Contoh aplikasi office adalah MS WORD, MS EXCELL, MS ACCES, dan lain-lain

b.    Aplikasi multimedia, untuk aplikasi media audio, video. Contohnya WINAMP, WINDOWS MEDIA PLAYER

c.     Aplikasi internet, untuk berhubungan lewat internet. Contohnya windows explorer, netscafe, dan lain-lain.